Rabu, 12 Juni 2013

Sekolah Dambaan Gw

Apaan sih? Kok lo jadi nulis ginian, Ting? Pindah aliran jadi serius, nih?

Yeah, ada lomba nih. Lomba cinta. Bukan, ngaco saya.  Ada lomba tulisan tema : "Sekolah Dambaanku", yang kebetulan gw tau dari blog Dea, hwehwehwe. Diadainnya sama Youth ESN. Selain bisa dapet hadiah, pengen ngasih tau khalayak umum sekolah ideal di kepala gw itu apaan sih.


1. Fasilitas dan lingkungan sekolah
Aduh, ini aspek satu bahasannya luas. Gue bikin beberapa poin buat sekolah yang kira-kira mau jadi dambaan gitu deh.

a. Laboratorium yang lengkap dan bagus

Selama 11 tahun gw genap (yeah, angka 11 emang ganjil, tapi ngerti kan maksud gw?) bersekolah, baik di SMP maupun SMA, laboratoriumnya memiliki sedikit kekurangan. Okedeh, banyak. Mulai dari keran air yang pipanya karatan (jadi kita gak bisa bersihin alat-alat bekas praktek disitu), larutan yang udah rusak (molaritasnya udah gak sesuai lagi, misalnya), mikroskop yang lensanya kurang bagus, peralatan Fisika yang pas dipake malah ngeluarin bau hangus, atau komputer yang ada di lab gak punya microsoft office, jadi gak bisa praktek. Inget, ya, poin yang gw tekenin disini gak cuma LENGKAP, tapi BAGUS. Percuma sebuah lab biologi memiliki alat lengkap tapi alat-alatnya ada yang mulai ngaco. Atau lab kimia, bagus banget bahan-bahan untuk penelitian tapi kurang lengkap alatnya. Atau lab komputer, komputernya sih cepet, tapi gak ada software pendukungnya, kosong.

Belajar di laboratorium itu sangat membantu lho, entah kenapa gw ngerasa lebih inget materi yang udah gw praktekin di lab daripada kalo cuma diajarin di kelas. Berguna buat ulangan tertulis dan pengalaman.
 
b. Lapangan olahraga dan alat olahraga yang memadai.
Sebuah sekolah itu gak cuma dinilai dari akademisnya aja, tapi juga non-akademisnya. Salah satunya olahraga. Kalo BT gara-gara pusing ngerjain MTK, bisa refreshing dengan cara olahraga. Gw termasuk anak basket (abal-abal, sih, suka madol soalnya) yang cukup mengeluh dengan keadaan lapangan olahraga dan alat-alatnya ini. Jadi gw contohin dalam konteks basket, ya.

Misalnya, lapangan. Kalo lapangan gak rata, terus hujan, itu malapetaka besar. Soalnya, susah banget untuk ngeringin lapangannya. Hah, ngeringin? Gimana caranya, pake kipas angin? Bukan, kami para anggota ekskul basket seluruh Indonesia juga ahli ngeringin lapangan pake ini :
Kalo Percy Jackon pake Riptide, gw pake ini
Masalahnya, kalo lapangannya gak rata, air masih tetap menggenang sesakti apapun yang bisa ngebersihin. Terkadang, pas lagi latihan, suka ada yang kepeleset. Kan bahaya banget.Gimana kalo cedera? Atau, yang sering, kecengklak? Apa sih bahasa Indonesianya kecengklak?

Ring di beberapa sekolah malah ada yang kependekan, atau ketinggian, atau diameternya kurang lebar. Ada pula lapangannya kekecilan, atau kebesaran, karena multifungsi sama ekskul lain.

Terus, bola. Ada beberapa bola yang lonjong, jadi gaenak dipake. Pemompa bolanya rusak, jadinya harus ngabisin waktu setengah jam cari pompa. Buang-buang waktu dan latihan jadi gak efektif. Ngeselin, kan? Gimana mau pinter main kalo latihan yang idealnya 2 jam jadi tinggal 90 menit karena mompa bola, atau, lebih konyolnya lagi, nungguin lapangan kering?

c. Kantin yang bersih dan nyaman
Beberapa hari yang lalu, gw ke sebuah sekolah yang terkenal tongkrongan jajanannya enak-enak dan murah. Waktu itu, gw beli lekker (adonan kering berbentuk lingkaran, dilipet sekali, dikasih topping sesuai selera) sampe kenyang banget.

Nah, pas disitu, gw mikir. Masih banyak banget sekolah yang kantinnya jorok. Sempit, pengap, kotor, kadang malah ada di atas saluran air. Bayangin, coba, kantin 8 petak dengan gap dengan tembok kira-kira semeter, dipenuhi siswa sebanyak seribu orang. Gak nyaman banget. Udah gitu, tempat cuci piringnya gak memadai. Makanannya sih sehat, tapi kalo peralatan makanannya jorok, penyakit juga deh.

Lalu, bayangin sendiri, kalo kantinnya gitu, mana bisa makan di kantin? Akhirnya makan di koridor  atau kelas. Abis itu ada aja kecelakaan, makanan tumpah, atau sampah plastik pembungkus makanan dibuang sembarangan. Tong sampah di depan kelas, ah, jauh, taro aja dulu sampahnya di kolong meja.

Makanan jadi gak sehat, lingkungan sekolah jadi kotor, apa untungnya sih punya kantin begitu?

2. Tugas dan Pekerjaan Rumah
Hmm... tugas di sekolah dambaan idealnya sih... idealnya gimana, ya? Gini, orang-orang selalu mengeluh kalo mereka dapet PR yang banyak, termasuk gw. Tapi, entah orang lain, gw sebenernya setuju aja sih dengan adanya tugas dan PR yang lumayan banyak. Kenapa?

a. Gw jadi belajar
Hah? Bercanda lo? Iya, gw serius. Tugas pelajar itu belajar. Tapi, sekitar setengah siswa yang gw kenal, termasuk gw, baru belajar kalo ada PR. Kalo disuruh bikin makalah, baru deh dibuka buku sejarahnya. Kalo dikasih PR tentang bagian-bagian lambung, baru deh pake internet buat belajar biologi.

b. PR dan tugas bikin kita gak banyak main
Suatu hari di malam Minggu, lo pengen banget keluar jalan ke mall, sama temen-temen. Ah, betapa enaknya bisa nonton film superhero baru itu.

Tetapi... BANG! Lo ada tugas! Karya ilmiah untuk Bahasa Indonesia lo belom selesai! Akhirnya gak jadi, deh, pergi ke bioskopnya. Harus ngumpulin data dan ngasih hipotesa karya ilmiah!

BT, sih. Tapi uang jajan lo terselamatkan, orang tua gak marah-marah karena main terus, tugas beres.

Yah, gw bilang gini juga bukan buat jadi excuse untuk para guru memberikan tugas biadap bin ajaip. Misalnya, nyuruh lo bikin karya ilmiah setara skripsi dalam waktu 3 hari. Wah, itu mission impossible namanya. Intinya, tugas gak apa-apa banyak, tapi masih di batas kewajaran. Buat diri sendiri, kok.

3. Hubungan antar siswa
Bah. Ribuan media sudah menyerukan peringatan anti-bullying, tapi percaya, deh, pasti kasus itu masih ada. Tanpa kita sadari, kita ngejauhin si Joko karena dia jarang mandi. Atau, kita musuhin adek kelas karena ngerebut gebetan kita.

Nah, lho. Harusnya hubungan antar siswa kayak gimana sih di sekolah dambaan? Di kepala gw, harusnya hubungan antar siswa itu ya saling rangkul. Saling berteman. Gak pilih-pilih, belajar sama si Andi atau si Widha, sama saja. Jalan sama Lulu atau Sofi, asik juga. Si Joko jarang mandi? Beranilah frontal, "Jok, lu mandi, kek! Anak-anak pada males main sama lo jadinya!". Adek kelas ngerebut gebetan? Kamu masih bersekolah, Nak! Kenapa lo pusing memikirkan masalah cinta-cintaan, menghancurkan hidup orang lain karena seorang lawan jenis yang belum tentu suka sama lo balik? Nilai aja masih kebakaran gitu.

Iya, sih, pastinya kadang ada rasa gak suka yang muncul pada seseorang. Tapi, jangan digede-gedein masalahnya. Kalo gak suka sama Dian karena anaknya rese, jaga jarak aja. Gak usah ngumpulin massa untuk ngata-ngatain dia dan ngejahuin dia juga. Lo udah gede. Hadapin ketidaksukaan secara gentle. Katanya gak mau lagi dibilang anak kecil, tapi masih aja berantem kayak anak TK.

Pacaran di sekolah. Nah ini. Gw emang bilang saling rangkul diatas, tapi beberapa teman kita... lebih dari sekedar merangkul.

Beberapa sekolah melarang adanya hubungan lebih dari sekedar teman biasa antar siswa. Hukumannya berat. Dimaki-maki pula sama guru galak. Hii.

TIDAK BERMORAL! KALIAN MASIH KECIL, MAUNYA PACARAN! HUH! SKORS 3 MINGGU!

Bercanda, ya? Lucu banget. Para remaja (terutama SMP dan SMA) itu lagi masa berkembang. Baru liat dunia. Baru ngerasain banyak hal kompleks. Baru ngerasain sesuatu yang bergetar di hati ketika ada lawan jenis kece semerbak mewangi melintas di depan doi. Terus jadian. Kenapa dilarang?

Harusnya, yang dilarang itu aksinya, bukan pacarannya. Pacaran silahkan, tapi gak boleh PDA (public display of affection). Dikasih tau batasan-batasannya. Dididik. Melanggar batas?  Mengganggu kegiatan belajar mengajar? Ini baru dituntashabiskan.

Untuk masalah hubungan antar siswa ini, guru memegang peranan besar. Percayalah, masalah geng dan ribut-ribut gitu pasti terjadi. Ketika suatu kelompok mayor mengucilkan kelompok minor, atau dua kelompok sama kuat mengibarkan bendera perang. Atau, nilai siswa jadi turun karena pacaran. Nah, si guru harus bisa menasihati si anak.Guru gak boleh memihak. Harus netral. Gak pilih kasih. Ngajak mereka duduk bersama. Biar masalahnya bisa ketauan dimana dan ketemu solusinya. Bukan malah menghajar, yang ada itu anak malah makin menjadi, deh. Remaja maunya dimengerti, bukan dimarahi. Tsaah, bahasa gw.

4. Mata pelajaran
Di sekolah dambaan, gw pikir pelajaran yang ada adalah pelajaran yang para siswa suka, minati, berbakat. Ya percuma aja kalo si Joko pengen jadi dokter tapi ikut mata pelajaran Fisika. Gak ada hubungannya sama sekali. Atau, si Andi pengen jadi akuntan terkenal sejagat raya, tapi ngambil pelajaran Kimia. Itu namanya kayak garis sejajar. Sampe kapan juga gak ketemu.

Terus, harusnya gimana dong? Sekolah sebaiknya menetapkan bidang studi wajib dan bidang studi pilihan. Harus disiapin konselor untuk siswa yang kebingungan mau dibawa kemana masa depannya. Bidang studi wajib adalah bidang studi yang pasti ada di jadwal si siswa, misalnya Matematika (pasti deh kalian selalu ketemu), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama (MASA KAMU GAK AMBIL!), PKn (sebagai warga negara yang baik masa gak tau UUD, sih?) terserah sekolahnya. Bidang studi pilihan, nah ini yang bakal kamu tentuin sendiri. Seperti yang udah gw bilang diatas, sesuai minat bakat. Mau jadi psikolog, ambil pelajaran Sosiologi dan Biologi. Mau jadi arsitek, ambil pelajaran Fisika. Emang bahasannya luas, tapi seenggaknya udah mengerucut.

Satu hal, gw gak mau ngomong gede. Inget, ya, milih jurusan IPA atau IPS aja udah pada keriting itu rambut, apalagi disuruh nentuin mata pelajaran SATU PERSATU. Belum lagi bakat-bakat yang belum ditemukan. Belum konselornya. Belum persiapan kelas dan gurunya. Belum persiapan sistemnya. Untuk sekarang ini, kurikulum 2013 (yang penjurusannya sejak baru masuk SMA) udah cukup kok. IPA atau IPS itu udah cukup menyempit.

Suatu saat nanti, kurikulum 'bidang-studi-wajib-dan-pilihan' bakalan ada. Mungkin. Tenang, semua bisa dijalankan satu-persatu.

5. Guru
Ini dia. Percuma gw cuap-cuap di atas kalo gurunya gak memadai.

Guru, di sekolah ideal, itu adalah tipe pendidik. Nama tipe ini gw kutip dari sebuah novel, gw lupa novel apaan. Intinya, beliau bisa mengajarkan mata pelajarannya dengan baik dan mendidik moral para siswa dengan baik pula. Oh, guru yang sangat hebat!

Karakter guru itu kan macem-macem, ya. Ada yang killer, baik hati, sombong, lucu. Tapi, itu bukan poinnya. Yang penting adalah, guru menguasai materi, tegas, dan memiliki metode yang bisa ngebikin siswa nangkep apa yang si guru maksud. Gak masalah pake cara tradisional (guru nulis di papan tulis, siswa dengerin, catat, kasih PR) kalo ternyata cara tersebut super duper efektif. Sangat diperbolehkan bikin games dengan ilmu yang bikin siswa paham. Banyak jalan menuju Roma (bukan Roma biskuit). Jalan mana aja jadi, yang nanjak, kek, yang mulus, kek, yang bergelombang, kek, yang penting sampe Roma. Ini juga sama. Cara ngajar jadul, keren, lucu, kreatip, yang penting siswa paham. Titik.

Guru juga harus bisa memotivasi siswa. Seorang guru pernah bilang, intinya, "Anak saya bukan, anak tetangga saya juga bukan, kenapa saya repot? Kenapa saya harus merasa sedih kalo nilai kalian ada yang jelek? Tapi itulah guru. Tugas saya ngajar, bikin kalian paham, motivasi kalian bisa terus maju."

Bikin kita paham. Motivasi kita biar terus maju. Ngedidik kita supaya bermoral baik. Membantu mencari solusi kalo ada masalah. Kalo semua guru gini, sekolah dambaan bukan cuma mimpi indah.


Waduh, panjang amat tulisan gw, yak.

Banyak orang ngejelek-jelekin pendidikan Indonesia. Jangan didengerin, deh. Bikin panas hati. Atau malah bikin kita ikutan ngehujat. Gw berharap, pendidikan di Indonesia terus maju dan memperbaiki segala aspek supaya bisa mendekati sempurna. Semoga pendidikan Indonesia gak diremehin lagi. Semoga para siswa cetakan sekolah dari Indonesia bisa sukses, berguna untuk bangsa dan negara.

Gak sulit, kan, untuk diwujudkan?



@edogawafirli

1 komentar:

  1. wah menarik, salam blogger. visitbacknya ya http://pengkarya.blogspot.com/2013/05/sekolah-rumah-ke-2-ku.html

    BalasHapus