Rabu, 10 Oktober 2018

Tentang Cewek Gak Masak - Bukan Berarti Kami Sampah

Setiap kali ngobrol bareng rekan lelaki tentang asmara-asmaraan, gue bakalan kicep ketika si rekan nyeplos, "Gue maunya istri yang jago masak."

Berusaha kalem, gue nanya, "Emang kenapa tuh?"
Jawabannya kira-kira gini, versi ingatan gue: "Ya iyalah, masa gue udah capek-capek cari duit, sampe rumah makan makanan beli!" atau "Sebagai bukti dia peduli sama gue," atau "Mahal lah beli-beli makanan di luar, masa jadi istri gak bisa manage keuangan dengan baik?" atau versi lebih halus dari itu.

Awal-awal gue denger kalimat macem ini, mulut langsung. "YE EMANGNYA LU BISA NGERJAIN KERJAAN STEREOTIP LAKIK JAMAN DULU HE?? HE???" atau "EMANGNYA KITA PEDULI CUMA DITUNJUKKIN LEWAT MASAKAN AJA??" atau "LU NYARI BINI APA NYARI PEMBANTU SIK?" (saya memang suka ngegas).

Tapi makin kesini, batin isinya lain. "Oh, itu kan kriteria pasangan hidup si rekan. Ya gak apa-apalah, gak masalah. Tiap orang punya preferensi masing-masing." Jadi, setiap kali lontaran "Bini gue harus bisa masak!" gue mengangguk saja dan pindah ke topik selanjutnya.

Sampe akhirnya gue nemu ini.




Ada banyak komen lain yang lebih bikin gue mangap, tapi udah cukup terwakilkan lah ya. Ini sih udah bukan tentang kriteria cari pasangan hidup lagi, tapi ngerendahin cewek yang gak masak. Seakan lebih rendah kastanya dari yang iya. Kok sakit hati ini bacanya?

"Alah lu ngomong gini karena gak bisa masak, kali!" kalo pengertian masak ente sama kayak Wikipedia, "Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi." aku bisa, sih Kak. It's a survival basic skill. Tapi kalo apakah rasanya sesuai standar masyarakat apa ngga, itu lain cerita hihi.

Masak itu, dipandangan gue, an ability no matter what gender should understand the basic of it gue bukan anak Jaksel tengs). Dan kalo boleh jujur, pengen banget bisa jadi ahli masak. Atau bikinin lakik masa depan makanan buatan tangan. Tapi, beda rasanya kalo dari awal sudah jadi tuntutan. Kayak wajib, bukan saling mengisi.

Sebenernya inti bacotan gue itu : terserah lo punya preferensi pasangan hidup kayak gimana. Lo yang bakal hidup sama doi seumur hidup. Tapi, kalo kami-kami ini gak masuk kriteria, gak setuju dengan pendapat lo, gak perlu kan dihakimi sampe dibilang bakal jomblo lama, feminis gak laku, calon perawan tua? Apa wanita dipandang buat menuhin perut sama birahi aja? Dengernya itu seakan-akan kami sampah masyarakat (Emangnya kalo nikahnya udah tua, atau gak nikah, termasuk sampah masyarakat? Kapan-kapan aja dibahas daripada panjang). Dengernya tuh seakan nikah cuma buat istri ngurus needs suami aja. Sakit, Kak. Apalagi kalo ada yang jeblak, "Kasian nanti pasangan kamu di masa depan kalo kamu gak bisa masak." Padahal disitu ada hal-hal fundamental lainnya yang gue juga belom sepenuhnya paham.

Beberapa cowok sering bilang "Kita mah cowok selalu salah!". Tapi kita juga cewek salah terus. Matre salah, gak matre salah, cantik salah, jelek salah, nganggur di rumah salah, kerja salah. Daripada salah-salahan, mending kita saling bener-beneran aja, gimana?


Sincerely yours,


Jomblo terpelatuk disebabkan belom makan siang




P.S. Jangan ngegas atuh, Kak, remnya dipakek. Ntar jatoh lho :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar